Jenis-jenis Software lengkap dengan contoh dan penjelasannya

Software (Perangkat Lunak) adalah Program yang berisi instruksi yang akan menjalankan perintah untuk melakukan pengolahan data.
Berdasarkan fungsinya, Software komputer terbagi dalam 4 (Empat) jenis, yaitu:
» Operating Sistem (Sistem Operasi)
» Application Software ( Program Apliaksi)
» Utility Software (Program Bantu)
» Malware (Program Perusak)


A. Sistem Operasi
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer.  Di bawah ini adalah contoh-contoh dari sistem operasi :

1. Microsoft Windows
windows logo

Microsoft Windows atau biasa disebut Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates atau ketau CEO Microsoft Corporation yang menggunakan interface berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan interface bergrafis.
Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

2. UNIX
Operating Sistem Unix
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.
UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

3. LINUX
Linux Logo

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak design yang berasal dari design dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, interface pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

4. Macintosh
Logo Macintosh (Mac OS X)

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC-OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan interface berbasis grafis (Graphical User Interface/GUI).



B. Program Aplikasi
Merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan yaitu :

1. Microsoft Office
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Mocrosoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi didalam Microsost Office yang terkenal adalah Word, Word dan PowerPoint.
2. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor buatan Adobe System yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe System. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan seterusnya..
3. Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe System yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe System yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe System adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).
4. Adobe Acrobat
Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) milik Adobe System, sejenis format data dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen dan tersedia secara cuma-cuma, dan Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen.
5. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis
6. WinRAR
WinRAR adalah sebuah shareware pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware. WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan file yg ingin di kompresi hingga 40%, misalnya file A berukuran 100MB di kompresi dengan WinRAR dapat menjadi hanya Setengahnya saja (50MB) , sehingga lebih sedikit memakan Storage

C. Program Utility
Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Berikut adalah contoh dari program Utility :
1. AVAST Antivirus

Avas anti virus

AVAST Antivirus adalah salah satu dari sekian banyak produsen keamanan yang dapat kita andalkan untuk melindungi PC kita terhadap berbagai macam ancaman seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.
2. Windows Media Player
Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.
3. Winamp
Winamp adalah alat pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.
4. FLV Player
FLV Player adalah program untuk memutar Adobe Flash Video (FLV dan H.264 / MPEG-4). FLV Player Mendukung baik lokal dan internet streaming konten, memiliki modus layar penuh dan yang terbaik dari semua.

D. Program Perusak
Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.
Jenis – Jenis Malware Beserta Contohnya:
1.Virus
Merupakan sebuah progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain. Varian ini sering ditemui dan seringkali mengganggu para pengguna komputer.
Contoh Virus :
1. Trojan.Lodear
2. W32.Beagle.CO@mm
3. Backdoor.Zagaban

2.Worm
Sering juga disebut cacing komputer. Sesuai dengan namanya, worm dapat menyebar dengan cepat pada sebuah jaringan computer melalui lubang (port) yang terbuka. Worm juga dapat menggandakan diri dengan cepat yang mengakibatkan memori computer terpakai habis, sehingga computer crash/hang.
Contoh Worm :
1. ADMw0rm
2. Code Red
3. LoveLetter

3.Keylogger
Merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mencatat setiap inputan yang dilakukan pada keyboard. Program ini memiliki file tercatat atau biasa disebut dengan log. Pada umumnya program ini banyak bertebaran pada komputer-komputer publik, seperti warnet dan sebagainya.
Contoh Keylogger :
1. KGB Key Logger 5.2
2. Keylogger Douglas 1.1
3. Revealer Keylogger Free Edition 1.4

4.Trojan
Trojan horse atau biasa disebut trojan adalah suatu progam yang memiliki kemampuan untuk tidak terdeteksi, dan seolah-olah tidak nengubah atau merusak sistem. Trojan bersembunyi dengan cara membuka port tertentu dan menunggu diaktifkan oleh penyerang. Komputer yang telah terinfeksi dapat dikendalikan oleh penyerang melalui versi clientnya.
Trojan Horse adalah malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, menghibur dan menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. Trojan horse ini bisa ditunggangi oleh malware lain seperti seperti virus, worm, spyware.
Trojan Horse diproduksi dengan tujuan jahat. Berbeda dengan virus, Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya, mereka dibawa oleh utility program lainnya. Utility program tersebut mengandung dirinya, atau Trojan Horse itu sendiri menyamar sebagai utility program.
Contoh Trojan Horse:
1. Win-Trojan/Back Orifice
2. Win-Trojan/SubSeven
3. Win-Trojan/Ecokys(Korean)

5.Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa yang tidak terlalu berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking) dan password suatu account.
Spyware atau software mata-mata merupakan suatu progam yang bertujuan untuk melakukan pengamatan dan memberikan informasi kepada sang pembuat program tentang aktivitas yang terjadi pada komputer terinfeksi.
Contoh Spyware :
1. PC recorder
2. Parental Control Software
3. Detective Software

6.Adware
Merupakan program yang menampilkan iklan berupa banner atau top-up pada komputer. Tidak semua adware termasuk dalam kategori malware, karena sistem periklanan internet sudah banyak yang menggunakan fasilitas ini. Walaupun tidak berbahaya, tetapi program ini dapat mengganggu kenyamanan berinternet. Program adware termasuk dalam keluarga malware yang mempunyai tugas untuk menghabiskan bandwidth internet dan mengakibatkan internet berjalan sangat lambat.
Contoh Adware :
1. MyWay Searchbar
2. AOL Mail
3. Ziddu

Demikianlah yang dapat saya jelaskan tentang Software dan jenis-jenis nya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next PostNewer Post Home

22 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Useless banget sih gak ada pengertiannya

    ReplyDelete
  13. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here

    ReplyDelete
  14. 이 멋진 블로그를 공유 해주셔서 감사합니다. 매우 영감과 도움이되었습니다. 계속해서 더 많은 아이디어를 공유하기를 바랍니다. 먹튀검증

    ReplyDelete
  15. Sering juga disebut cacing komputer. Sesuai dengan namanya, worm dapat menyebar dengan cepat pada sebuah jaringan computer melalui lubang (port) yang terbuka. Worm juga dapat menggandakan diri dengan cepat yang mengakibatkan memori computer terpakai habis, sehingga computer crash/hang.
    Jasa Penulis Artikel

    ReplyDelete