Pengertian Sistem Operasi dan jenis-jenisnya beserta penjelasan singkat lengkap

Hallo! berjumpa lagi dengan saya blogger anak sekolahan yang mencoba berbagi ilmu tentang komputer. kali ini saya ingin berbagi tentang Sistem Operasi.. apa itu sistem operasi? langsung saja baca tulisan saya dibawah ini!  Enjoy ~

Sistem operasi (Operating System) komputer merupakan salah satu Software yang paling penting dalam sebuah sistem komputer, Sistem operasi ini berisi keseluruhan sistem yang dapat mengoperasikan komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak akan bisa di operasikan dengan optimal.
Seperti yang kita ketahui, kemajuan teknologi membuat kita dapat mengakses informasi apasaja dengan mudah, terlebih lagi dengan menggunakan internet. Tentunya untuk mengakses internet kita memerlukan beberapa perangkat keras seperti modem, HUB, kabel UTP dan sebagainya.
Untuk mengoperasikan itu semua pasti membutuhkan bantuan Sistem Operasi, fungsi utama dari sebuah sistem operasi adalah melakukan operasi terhadap berbagai macam perangkat keras komputer supaya dapat bekerja dengan baik.

Apa saja jenis-jenis Sistem Operasi Komputer?
Saat ini, sistem operasi komputer tidak hanya digunakan pada komputer jenis personal komputer dan juga desktop saja, namun dapat juga digunakan pada smartphone.
Berdasarkan Interface dengan usernya, sistem operasi komputer bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:
Command Line Interface
Command line interface atau CLI merupakan jenis sistem operasi komputer yang memiliki interface berbasis huruf, angka, dan juga symbol. Saat ini, CLI sudah jarang sekali ditemukan, dan bahkan sudah tidak digunakan sama sekali, apalagi untuk keperluan user. CLI banyak digunakan untuk keperluan khusus saja, contoh dari sistem operasi berbasis CLI ini adalah sistem operasai DOS.
Graphical User Interface
Graphical user interface merupakan jenis sistem operasi komputer dengan interface berbasis grafis. user dapat memperoleh informasi secara lebih jelas dengan tambahan fitur grafis, dan juga pewarnaan, sehingga tidak monoton. GUI banyak digunakan pada sistem operasi saat ini, seperti Windows dan juga Mac OS.

Macam-macam Sistem Operasi Komputer Populer
Berikut ini adalah beberapa jenis dan juga beberapa macam sistem operasi komputer yang populer dan juga banyak digunakan secara luas oleh berabagai user di dunia, baik dari personal desktop komputer ataupun komputer yang tertanam di dalam sebuah perangkat handphone, yang dikenal dengan istilah smartphone:

A. Keluarga Windows
Siapa yang tak kenal dengan sistem operasi yang satu ini? Windows merupakan salah astu sistem operasi yang paling populer, dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Windows merupakan pengembangan dari sistem operasi DOS, yang sudah mendukung fitur GUI. Mulai dari pertama kali diluncurkan, yaitu very 1.0, saat ini Windows sudah masuk ke tahapan perkembangan terakhirnya, yatu windows versi 10.0
Kelebihan Windows:
• Mudah di Operasikan karena sudah di dukung fitur GUI.
• Mudah dipelajari dan diperbaiki dari segi troubleshooting.
• Memiliki banyak fitur yang dapat membantu pekerjaan dengan Microsoft Office
Kekurangan Windows:
• Harganya yang cukup mahal hingga ratusan ribu
• Mudah terinveksi virus, karena salah satu OS terpopuler banyak orang membuat virus untuk windows dan menjual Antivirusnya untuk keuntungan pribadi.

Macam Macam Jenis Sistem Operasi Windows Lengkap dengan penjelasannya

Evolusi Windows

Windows 1.0
Windows 1.0 yaitu versi yang pertama kali dibuat microsoft sehingga masih banyak kesalahan dan masih sangat kurang fiturnya yang mengakibatkan tidak populer di masyarakat. Sebelumnya Windows 1.0 ingin diberi nama Interface Manager, tetapi pihak microsoft tidak setuju.
Versi - Versi Windows 1.0 yaitu :
   •  1.01 (20 November 1985)
   •  1.03 (Agustus 1986)
   •  1.04 (April 1987)

Windows 2,0
Windows 2.0 yaitu versi kedua setelah Windows 1.0 yang mempunyai fitur baru yaitu desain grafis dan adanya microsoft word serta microsoft excel sehingga itu termasuk awal kesuksesan dari microsoft. Hal itu, membuat Windows 2.0 lebih populer dibandingkan versi pertama. Tedapat 2 Edisi, yaitu Windows/286 danWindows/386.
Versi - Versi Windows 2.0 yaitu :
   •   2.0 (9 Desember 1987)
   •   2.10 (27 Mei 1988)
   •   2.11 (13 Maret 1989)

Windows 3.0
Windows 3.0 yaitu versi ketiga yang sudah memiliki lebih banyak fitur dibandingkan versi sebelumnya sehingga microsoft telah mendapat kesuksesan yang signifikan pada tahun 1990. Versi ini sudah bisa menjalankan aplikasi windows dan membuka aplikasi MS - DOS secara bersamaan. Terdapat 3 jenis , yaitu real, standart, dan 368 enhanced yang cocok untuk processor intel.
Versi - Versi Windows 3.0 yaitu :
   •   3.0 (22 Mei 1990)
   •   3.1 (Agustus 1992)
   •   3.2 (22 November 1993)

Windows NT
Microsoft terus mengembangkan Sistem Operasinya, hingga terbuatlah windows NT yang masih memiliki kekurangan di drivernya. Windows ini termasuk boros sumber daya walaupun spesifikasi sudah tinggi.
Versi - Versi Windows NT yaitu :
   •   NT 3.1 (27 Juli 1993)
   •   NT 3.5 (21 September 1994)
   •   NT 3.51 (30 Mei 1995)

Windows 95
Di Versi ini, sudah terdapat 32bit yang mungkin masih ada beberapa kernel menggunakan 16bit demi dukungan semata. Dengan tambahan GUI inilah yang membuat versi ini berbeda dari yang lain.

Windows NT 4.0
Versi tersebut berhasil mengancam dominasi UNIX di pasaran. Diperkenalkan sebagai workstation di pasaran. Memiliki tampilan hampir sama seperti windows 95.

Windows 98
Mengetahui sebelumnya masih banyak kekurangan, terbuatlah windows 98 yang merupakan revisi dari windows 95. Sudah didukung sistem berkas FAT32 yang memungkinkan menyimpan file sebesar 2GB. dan termasuk versi windows 9x yang paling stabil.

Windows 2000
Dirilis pada 17 februari 2000 yang versi dulunya dikenal sebagai Windows NT 5.0. Diciptakannya versi ini bertujuan untuk dapat memperoleh dari pasar workstation dan pasar server, serta menjadikan Windows lebih baik. Berbasis Kernel NT yang mengharuskan pemakai melakukan aktivasi. Versi ini juga hasil upgrade dari windows 98.

Windows ME (Millennium Edition)
Didukung lebih banyak multimedia dan internet sehingga menjadikan lebih baik. Terdapat juga system back up dan restore yang memungkinkan pengguna mengembalikan kondisi windows menjadi seperti semula .

Windows XP
Sistem Operasi Windows XP
Menggunakan kernel NT 5.1 yang terkenal dengan ringan dan stabilnya. Serta sudah sedikit demi sedikit mendukung aktivitas bermain game. Versi ini termasuk versi yang paling lama dan terpopuler karena dari tahun 2001 sampai tahun 2007 dan beberapa orang masih menggunakan windows versi ini hingga sekarang.




Windows Vista
Sistem Operasi Windows Vista

Dirancang windows tersebut agar memiliki keamanan yang lebih kuat dan dipasang juga windows aero GUI (Graphical user interface) agar tampilan menjadi lebih bagus dan menarik. Sudah terdapat internet explorer dan windows media player.

Windows 7
Logo Windows 7

Banyak terdapat fitur - fitur baru. Tampilan lebih segar juga bisa memasang gadget di desktop. Terdapat banyak edisi windows 7, yaitu Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate.

Windows 8
Start Menu Windows 8

Versi yang pertama kali menggunakan start menu metro. Tampilah lebih dinamis dan penginstallan lebih cepat dan fitur - fitur yang unik. proses booting juga cepat. Dikembangkan terus dan menjadi windows 8.1 (dikenal dengan windows blue).

Windows 8.1
merupakan hasil kembangan dari Windows 8. Microsoft memberikan upgrade gratis dari windows 8 ke windows 8.1 yang memiliki lebih banyak fitur - fitur terbaru. Sudah terintegrasi oleh OneDrive.


Windows 10
Desktop Windows 10

Windows 10 adalah kombinasi dari Windws 7 dan Windows 8, merupakan versi akhir dari windows sebagai pelengkap windows sebelumnya, yang dilengkapi browser microsoft edge sebagai pengganti internet explorer. Microsoft edge ini termasuk browser yang paling cepat.

Setiap Windows memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. kita harus menghargai perjuangan Bill Gates dan kru nya yang telah membuat windows menjadi lebih baik. dengan membeli lisensi asli dari Windows berarti kita sudah menghargai  kerja keras nya.

B. Linux
Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. SIfat ini berarti Linux memiliki source code pemrograman yang bisa dirubah dan dimodifikasi sesuai dengan kemauan usernya. Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yang gratis, dan memilki biaya yang sangat murah apabila dibandingkan dengan Mac dan juga Windows.
Kelebihan Linux :
Linux memiliki kestabilan sistem operasi yang baik, sehingga sering digunakan sebagai sistem operasi pada server. Selain itu, linux, yang diluncurkan dengan mengandalkan sistem distribusi, atau yang dikenal dengan nama distro, memiliki banyak sekali pilihan distro yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usernya. Bagi anda yang senang mengutak atik sistem operasi, maka linux adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda.
Kekurangan Linux :
Sayangnya, linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yang kurang populer. Banyak orang lebih memilih Mac ataupun windows, sehingga hal ini membuat popularitas dari linux menurun drastic.

Jenis-jenis Linux :
• Red Had Linux
• Debian Linux
• Mandriva
• SuSE Linux
• Xandros Linux
• Gentoo Linux
• Ubuntu Linux
• Fedora
• Free DSB
• CentOS
• Turbo Linux
• Linux Mint
• Sabayon Linux
• Damn Small Linux (DSL)
• Linspire
• Freespire
• Zen Caffe
• Trustix Merdeka
• BlankOn

C. Mac OS (Macintosh)
Merupakan pesaing terdekat dari sistem operasi Windows. Mac OS atau Macintosh merupakan sistem operasi yang diciptakan oleh Apple, Inc. apabila dilihat dari sejarah pembuatan dan juga pengembangannya, Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang mendukung GUI atau sistem Graphical User Interface.
Kelebihan Macintosh :
  • memliki tingkat keamanan atau security yang cukup baik dan juga stabil,
  • Tampilan grafis yang sangat baik, sehingga terlihat menarik.
Kekurangan Macintosh :
  Tidak mendukung sistem komputer berbasis IBM.
  • Tidak kompatibel dengan perangkat keras yang bisa digunakan pada windows.
Sistem operasi Mac OS juga cenderung sulit untuk dilakukan troubleshooting, plus memiliki harga yang juga mahal, sama seperti sistem operasi windows.

Jenis-jenis Macintosh :
• 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
• 1986: Macintosh Plus
• 1987: Macintosh II, Macintosh SE
• 1988: Macintosh IIx
• 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
• 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, Macintosh LC series
• 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
• 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
• 1993: Macintosh Centris, Color Classic, Performa, Macintosh TV
• 1994: Power Macintosh
• 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
• 1998: iMac
• 1999: iBook, Power Macintosh G4
• 2000: Power Mac G4 Cube
• 2001: PowerBook G4
• 2002: eMac
• 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
• 2004: iMac G5
• 2005: Mac mini


Sekian artikel yang dapat saya bagikan.. Semoga artikel ini bermanfaat bagi banyak orang
terima kasih sudah membaca.. jangan lupa share keteman-teman anda!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar